Tuesday, May 31, 2011

rokokHari ini 31 May diperingati sebagai hari tanpa tembakau sedunia. Banyak orang yang telah kecanduan dengan barang yang satu ini, salah satunya saya sendiri. Di dalam tembakau yang biasa dijadikan rokok terdapat suatu zat yang berbahaya bernama nikotin. Setiap kali seseorang menghisap rokoknya maka nikotin  ini akan masuk ke dalam tubuh, mengalir dan pada akhirnya tinggal di otak. Setiap satu batang rokok rata-rata mengandung 10 miligram nikotin. Nikotin merupakan racun syaraf yang potensial dan digunakan sebagai bahan baku insektisida. Nikotin inilah yang akan membuat seseorang kecanduan merokok.

Nikotin  akan meningkatkan denyut jantung dan frekuensi pernafasan, selanjutanya zat ini akan meningkatkan kadar gula darah. Hal ini menyebabkan seorang perokok akan merasa lebih segar setelah merokok.

Nikotin yang terdapat di dalam sel saraf otak juga akan merangsang pengeluaran dopamin. Zat ini merupakan zat yang dapat meningkatkan rasa puas, nyaman dan kesenangan. Pada orang normal, efek dopamin biasanya dicetuskan oleh makanan, rasa nyaman dan kasih sayang dengan orang yang dicintai. Itulah sebabnya mengapa perokok merasakan kenikmatan pada saat menghisap rokok. Dalam jangka waktu tertentu setengah dari efek dopamin akan menghilang sehingga menimbulkan keinginan untuk menghisap satu batang rokok lagi. Hal inilah mengapa seorang perokok akan terus merokok tanpa putus untuk mendapatkan konsentrasi dopamin yang mereka inginkan di dalam otak.

Satu batang rokok mengandung setidaknya 4.000 zat kimia yang berbahaya. Diantara zat zat tersebut yang paling berbahaya adalah tar dan karbon monoksida. Tar dapat menyebabkan kanker paru, empisema dan penyakit saluran nafas lainnya. Karbon monoksida dapat menyebabkan masalah pada jantung.Perokok juga akan merasakan gangguan pada penciuman dan pengecapan. Menurunkan stamina berolah raga, penuaan dini, dan perubahan warna gigi.

Alhamdulillah hari ini bisa tahan untuk tidak merokok. Med terus berusaha untuk meninggakan kebiasaan buruk ini, med menuliskan hal ini agar dapat memacu semangat untuk terus berusaha meninggalkan rokok. Mudah-mudahan kelak akan berhasil.

45 comments

  1. Unknown said:

    mantap mas dan kita sebaiknya mengurangi rokok secara bertahap

  2. nas_phie said:

    hemm,,ada ya hari tanpa rokok...bagus juga kenapa gak minggu tanpa rokok biar ngebiasaain,,hehehe
    gan kan tahu bahaya rokok kenapa belum bisa menghentikan merokok?
    semangat ya,,jangan lukai tubuh yang sehat...

  3. wah thanks ya atas share infonya,...

  4. nas_phie said:

    terus gan pertahankan untuk mencoba menghindarinya...saya baru tahu kalo ada hari tanpa tembakau..terima kasih buat infonya

  5. kenapa ga setiap hari aja ada hari tanpa tembakau..

  6. andrimajid said:

    klo saya sih ngerokok bukan ga bisa berenti tapi kasian az yang kerja di perusahaan rokok, klo setiap org yg biasa ngeroko berhenti kan berakibat kebangkrutan tuh, ya otomatis banyak juga pekerjanya yang jadi pengangguran..

    biarkan say menderita asal org lain bahagia...

    hehehe... lebai yah

  7. zie imoet said:

    bagus juga di adakan hari tanpa tembakau.
    karna bisa membantu anda untuk berusaha berhenti me roko.
    tingkatkan terus gan.
    semoga berhasil terimakasih.

  8. crystal-x said:

    asap rokok emang bikin enegh... bagi para perokok kalo mau mati pelan2 dg cara mengisap racun silakan aja. Tapi jgn bikin orang laen jg sakit.

  9. SeaSon said:

    makasih infonya sob,,
    bener bgt tu setuju

  10. Makasih atas infonya GAN

  11. bisa dipertanggung jawabkan

  12. me2d said:

    thanks all

  13. asap rokok memang mengganggu kesehatan gak hanya bagi perokok aktif tapi juga yang pasif. merokok hanya buang-buang duit dan mengundang penyakit, hehe. postingannya bermanfaat gan..trims ya

  14. nice artikel,, rokok merugikan yg menghisap dan orang yg sekitarnya...nga ada manfaatnya sama sekali

  15. al Luky said:

    mantap:D

  16. Terimakasih atas infonya,sangat bermanfaat sekali dan semoga menjadi amal baik bagi anda dan orang lain
    Sukses selalu ..............



  17. Gathot Ps said:

    ini penting untuk semua yang belum kecanduan rokok..masalahnya kalo yang sudah kecanduan rokok dibilanginnya juga susah

  18. susah se ngilangin kebiasaan merokok.. tapi meskipun kita gak merokok kita pun juga kena dampaknya, kan malan bahaya perokok pasif dari pada yang aktif... selalu berusaha hidup sehat ya :)

  19. makasih banyak sob buat informasinya yah, semoga bermanfaat buat kita semua ....salam kenal aja yah ,,,

  20. padahal kita semua tau ya kalau rokok itu bahayanya luar biasa, tapi menghilangkan kebiasaan itu susah banget ya..

  21. makasih gan buat informasinya ya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

  22. terimakasih gan atas infonya

  23. Semeua orang tau bahaya rokok, tapi tetep aja susah berhenti merokok kalau tidak diiringi dengan tekad kuat untuk hidup lebih sehat.

  24. Maunya sih seperti itu tiap hari :) infonya sangat membantu gan sip : hehehe . . . . . :)

  25. amiiin,, mencegah lebih baik daraipada mengobati !

  26. Masya Allah .. sungguh mengerikan 1 batng rokok aja
    maksh gan ... infonya menarik dan sangat bermanfaat

    Semoga blog ini tetap eksis dan menjadi blog yang terbaik dalam memberikan informasi
    Salam kualitas dari saya gan..

    Sejarah Kucing Dan Anjing Bermusuhan

  27. Semoga setelah baca tulisan ini yang mau jadi perokok bisa berpikir dua ribu kali ya,...

  28. Makasih atas infonya GAN, sukses selalu

  29. kasih tau dong gan posting baru lagi, gimana caranya agar mengurangi konsumsi rokok atau bahkan tidak menggunakannya lagi, soalnya kan banyak perokok aktif di indonesia ini

  30. hayo.. hari tidak boleh merokok.. tahan nga ya??

  31. mantap mas dan kita sebaiknya mengurangi rokok secara bertahap

  32. mencegah lebih bagus daripada mengobati

  33. terimakasih semoga sukses selalu.

  34. merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan & janin,.
    jadi jauhi rokok,.

  35. coba aja di Indonesia ada UUD selama 1 tahun dilarang merokok, gimana yaaa ?

  36. dan sekarang meskipun iklan rokok telah berganti slogan (merokok membunuhmu), malah makin tambah banyak saja kang yang merokok... dan sekarang bang memed semoga saja sudah berhenti merokok ya bang... semangat bang.. ^^

  37. coba setiap hari adalah hari tanpa tembakau...udara jadi lebih bersih dan manusianya bisa hidup lebih sehat..hidup sehat!!

  38. perubahan dimulai dari diri sendiri dan dari hal kecil :)

  39. semoga kamu bisa

  40. nice post! salam kenal :)

  41. ane udah 6 taon gak ngeroko ! tapi perjuangannya setengah mati.. gak bisa diceritain ! pkoknya brenti ngerokok itu susah bgt

  42. nice post admin, thanks for sharing

  43. Baju Gamis said:

    Saya setuju tidak merokok. Bagi saya merokok itu haram ! Thanks.

  44. Terima kasih atas informasinya yang sangat bagus dan jelas sekali. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat pembaca semuanya.

  45. asd

Post a Comment